Selasa, 28 Mei 2013

Perhatikan Hal Ini Agar Mata Tak Iritasi karena Lensa Kontak

Penggunaan lensa kontak saat ini banyak digunakan oleh para pengguna kacamata, khususnya mereka yang aktif. Lensa kontak dianggap bisa menggantikan kacamata dalam kondisi tertentu. Namun hati-hati, sembarangan menggunakannya bisa menimbulkan iritasi mata.

Berikut kebiasaan yang sering dilakukan pengguna lensa kontak dan berbahaya bagi kesehatan mata, seperti dilansir dari Emax Health:

1. Menggunakan lensa kontak yang sudah kadaluarsa
Jika Anda membeli lensa kontak dengan masa pakai 1 bulan, maka sebaiknya segera menggantinya jika sudah lewat dari 1 bulan sejak masa pemakaian. Meskipun Anda sudah menjaga kebersihannya, penggunaan lensa kontak yang sudah melebihi masa pakai berisiko mengakibatkan infeksi mata, bahkan bisa menimbulkan kebutaan. Gejala awal iritasi setelah menggunakan lensa kontak yang sudah kadaluarsa adalah mata terasa perih, gatal, atau mengganjal ketika digunakan.

2. Tidak mengganti cairan pembersih di wadah lensa kontak dan menggunakannya berulang-ulang
Cairan di dalam wadah lensa kontak sebagai tidak digunakan berulang-ulang. Setelah digunakan untuk menyimpan dan membersihkan lensa kontak, segera buang dan ganti dengan cairan baru.

3. Tidak menggunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan lensa kontak
Pembersih khusus lensa kontak tidak hanya berfungsi untuk membunuh bakteri, tetapi juga memberi kelembaban yang lebih lama saat lensa kontak dipakai. Membersihkan lensa kontak dengan air biasa yang mengandung banyak kuman sangat tidak disarankan.

Untuk menjaga kesehatan mata saat menggunakan lensa kontak, perhatikan hal-hal berikut:
1. Cuci dan bilas tangan sebelum menyentuh lensa kontak
2. Hanya gunakan hanya cairan pembersih lensa yang khusus atau dengan saran dokter mata
3. Selalu ikuti petunjuk yang ada di kemasan lensa kontak dan cairan pembersih
4. Jaga kebersihan lensa kontak Anda dengan cara rutin membersihkan dan membilasnya setiap kali selesai digunakan.
5. Gunakan make-up mata yang aman bagi pengguna lensa kontak
6. Jangan menggunakan lensa kontak yang sudah kadaluarsa
7. Segera hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter mata jika mata Anda berwarna merah, terluka, terasa gatal, dan berair setelah menggunakan produk lensa kontak

"Saran yang paling mudah adalah melepaskan lensa kontak saat akan tidur. Selain itu jangan ragu lagi untuk langsung menghentikan penggunaan lensa kontak jika terjadi iritasi. Kalau memang tidak cocok menggunakan lensa kontak, ada baiknya kembali menggunakan kacamata saja," ungkap dr Gitalisa Andayani, SpM, spesialis mata Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM Kirana yang ditulis oleh detikhealth.

Sumber : Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

All In Share :). Design By: SkinCorner