Selasa, 04 Desember 2012

Alergi Kacang, Gatal-gatal Sehabis Makan Kacang

Deskripsi

Alergi kacang biasanya terjadi pada anak-anak namun jenis alergi inilah yang paling sering menyebabkan serangan alergi akut. Bagi sebagian orang yang mengalaminya, terpapar beberapa butir kacang saja sudah bisa menyebabkan munculnya reaksi serius.

Penyebab

Alergi kacang terjadi ketika sistem kekebalan seseorang salah mengidentifikasi kacang sebagai protein yang berbahaya. Ketika terjadi kontak langsung atau tidak langsung dengan kacang, sistem kekebalan pun melepaskan senyawa kimiawi ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan munculnya gejala-gejala alergi. Tapi tak diketahui mengapa sebagian orang bisa terkena alergi ini dan lainnya tidak.

Gejala

Respons alergi terhadap kacang biasanya muncul hanya beberapa menit setelah terpapar kacang. - Muncul reaksi kulit seperti gatal-gatal, kemerahan atau bengkak - Gatal atau kesemutan di sekitar mulut dan tenggorokan - Gangguan pencernaan seperti diare, kram perut, mual atau muntah - Tenggorokan mengencang - Sesak nafas atau mengi - Hidung berair 

Pengobatan

- Menghindari kacang dan makanan lain yang mengandung kacang - Antihistamin - Epinephrine autoinjector (EpiPen, Twinject) atau meminta suntikan epinephrine ke dokter.

Sumber: MayoClinic

0 komentar:

Posting Komentar

 

All In Share :). Design By: SkinCorner