Selasa, 04 Desember 2012

Sindrom Munchausen, Gangguan Mental Berpura-pura Sakit untuk Menarik Perhatian

Deskripsi

Sindrom Munchausen adalah gangguan mental yang serius di mana seseorang selalu ingin diperhatikan dengan berpura-pura sakit atau sengaja melukai sendiri agar sakit. Orang dengan sindrom Munchausen dapat melakukan operasi berisiko atau bahkan melakukan tes laboratorium untuk mencoba untuk memenangkan simpati dan keprihatinan orang lain.

Penyebab

Penyebab sindrom Munchausen tidak diketahui. Namun, orang dengan gangguan ini mungkin telah mengalami penyakit parah ketika masih muda, yang disalahgunakan secara emosional atau fisik.

Gejala

Gejala sindrom Munchausen seputar kepura-puraan sakit atau menyakiti diri sendiri dalam rangka memenuhi kebutuhan emosional yang mendalam. Gejala sindrom Munchausen mungkin termasuk:

1. Mengarang drama tentang masalah medis
2. Sering rawat inap
3. Sakit dengan gejala yang tidak jelas atau tidak konsisten
4. Kondisi yang memburuk tanpa alasan yang jelas
5. Keinginan untuk menjalani tes laboratorium atau operasi berisiko
6. Mencari pengobatan dari dokter atau rumah sakit yang berbeda
7. Sering menggunakan obat penghilang rasa sakit atau obat lain

Pengobatan


Pengobatan sindrom Munchausen sulit dan tidak ada terapi standar untuk kondisi tersebut. Karena orang-orang dengan sindrom Munchausen ingin selalu sakit, mereka seringkali tidak mau mencari pengobatan. Namun, jika didekati dengan cara yang lembut, orang dengan sindrom Munchausen mungkin setuju untuk dirawat oleh penyedia kesehatan mental.

Meskipun tidak ada pengobatan standar untuk sindrom Munchausen, pengobatan sering berfokus pada pengelolaan kondisi, daripada mencoba untuk menyembuhkannya. Pengobatan umumnya termasuk psikoterapi dan konseling perilaku. Jika memungkinkan, terapi keluarga juga mungkin disarankan.

Obat-obatan dapat digunakan untuk mengobati gangguan mental ini dapat menggunakan obat depresi atau kecemasan. Dalam kasus yang parah, rawat inap psikiatri sementara mungkin diperlukan.

Sumber: MayoClinic

0 komentar:

Posting Komentar

 

All In Share :). Design By: SkinCorner